Pengetahuan Lansia Tentang penyakit Artritis Reumatoid Di Dusun Balongbiru Desa Balongbesuk Kec.Diwek Kab.Jombang

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sejalan dengan semakin meningkatnya usia seseorang, maka akan terjadi perubahan-perubahan pada tubuh manusia. Perubahan-perubahan tersebut terjadi sejak awal kehidupan hingga usia lanjut pada semua organ dan jaringan tubuh. Keadaan demikian itu tampak pula pada semua sistem muskuloskeletal dan jaringan lain yang ada kaitannya dengan kemungkinan timbulnya beberapa golongan rematik (Fitriani, 2009).Rematik adalah penyakit yang menyerang sendi dan tulang atau jaringan penunjang sekitar sendi, golongan penyakit ini merupakan penyakit Autoimun yang banyak di derita oleh kaum lanjut usia (usia 50 tahun ke atas), (Junaidi, 2006). Penyakit ini lebih sering terjadi pada perempuan dan biasanya menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun (Arif Muttaqin, 2008). Rematik terutama menyerang Sendi-sendi, tulang, ligamentum, tendon dan persendian pada laki-laki maupun perempuan dengan segala usia. Rematik dapat menghambat produktifitas serta menurunkan kualitas hidup seseorang,dan yang sangat di sayangkan hingga saat ini masyarakat belum menyikapi secara tepat.selain itu pengetahuan masyarakat tentang penyakit rematikpun masih belum cukup baik.sehingga perlu pemberian sebuah pengetahuan yang baik agar pengetahuan penderita rematik juga baik (Andriani Gancswari).
Angka kejadian rematik pada tahun 2008 yang dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO adalah mencapai 20% dari penduduk dunia yang telah terserang rematik, dimana 5-10% adalah mereka yang berusia 5-20 tahun dan 20% adalah mereka yang berusia 55 tahun (Wiyono, 2010). Berdasarkan hasil penelitian terakhir dari Zeng QY et al 2008, prevalensi rematik di Indonesia mencapai 23,6% hingga 31,3%, angka ini menunjukkan bahwa nyeri akibat rematik sudah sangat mengganggu aktivitas masyarakat Indonesia. Berdasarkan pusat data BPS Provinsi Jawa Timur, Rematik merupakan salah satu penyakit terbanyak yang di derita oleh kaum lansia yaitu pada tahun 2007 sebanyak 28% dari 4.209.817 lansia menderita penyakit rematik (Smart, 2010).
Dampak dari keadaan ini dapat mengancam jiwa penderitanya atau hanya menimbulkan gangguan kenyamanan, dan masalah yang disebabkan oleh penyakit rematik tidak hanya berupa keterbatasan yang tampak jelas pada mobilitas hingga terjadi hal yang paling ditakuti yaitu menimbulkan kecacatan seperti kelumpuhan dan gangguan aktivitas hidup sehari-hari tetapi juga efek sistemik yang tidak jelas tetapi dapat menimbulkan kegagalan organ dan kematian atau mengakibatkan masalah seperti rasa nyeri, keadaan mudah lelah, perubahan citra diri serta Resiko tinggi terjadi cidera(Kisworo, 2008)
Menurut Smith Tony,2007; 17 ,untuk mengatasinya perlu di berikan sebuah informasi atau pengetahuan berupa HE (Healt Education) tentang penyakit artritis atau yang sering disebut dengan penyakit rematik,mulai dari pengertian penyakit rematik itu sendiri,penyebab penyakit rematik,tanda dan gejala penyakit rematik,sampai cara pencegahan penyakit rematik.
Dari uraian di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “pengetahuan lansia tentang penyakit arthritis rheumatoid”.

1.2 Rumusan Masalah
Dari uraian diatas peneliti merumuskan masalah “Bagaimana Pengetahuan Lansia Tentang Penyakit Arthritis Rheumatoid di Dusun Balongbiru Desa Balongbesuk Kec.Diwek Kab.Jombang” ?

1.3 Tujuan Penelitian
Mengetahui Pengetahuan Lansia Tentang penyakit Artritis Reumatoid Di Dusun Balongbiru Desa Balongbesuk Kec.Diwek Kab.Jombang.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Manfaat Teoritis
Menjadi masukan bagi peneliti untuk penelitian lebih lanjut tentang arthritis rheumatoid serta menambah wawasan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemahaman metodelogi..



1.4.2 Manfaat Praktis
Menjadi masukan bagi institusi pendidikan sebagai bahan tambahan dalam memberikan materi tentang pengetahuan lansia tentang arthritis reumatoid Dan bagi perawat sebagai bahan pertimbangan pentingnya penyuluhan kesehatan khususnya tentang pengetahuan lansia tentang penyakit arthritis rheumatoid.

0 komentar:

Posting Komentar

Barang Import Murah

Barang Import Murah

eblogmakalah.blogspot.com

Total Tayangan Halaman

Translator

Donasi

NeoBlog © 2012